Biografi Heppy Trenggono


Biografi Heppy Trenggono - Pada tahun 2005 Heppy Trenggono sempat mengalami kejatuhan bisnis. Jumlah hutangnnya mencapai Rp.62 miliar. Hutangnya tersebut berasal dari bisnis alat beratnya. Saat ini Heppy Trenggono adalah pemimpin dari perusahaan Grup Balimuda, yang telah membawahi 12 anak perusahaan dengan 3000 karyawan. 

Biografi Heppy Trenggono
Pria kelahiran 20 April 1967 menuturkan bahwa penyebab utama kenapa dirinya bangkrut adalah karena dahulu usaha terlampau cepat naik ke puncak. Jika di bandingkan dengan perusahaan lainnya. Akibatnya ia menerima proyek yang sebetulnya tidak sanggup ia kerjakan. Proyek tersebut juga ternyata melampoi kemampuan finansial perusahaan.

Sebetulnya bisnis alat berat bukanlah hal baru bagi Heppy Trenggono. Karena kakaknya sudah lebih dahulu terjun ke bisnis tersebut. Jabatan sebelumnya adalah sebagai Direktur Tehnik Lativi. Dia juga pernah bekerja sebagai Programmer Analyst PT United Tractors selama 5 tahun. Heppy Trenggono mendirikan PT Balimuda Persada pada tahun 2002. Yang kemudian dengan sangat cepat membesar namun sayang sangat cepat pula terkapar.

Di PT.Balimuda, Heppy memutar uang untuk menggarap proyek dari klien. Ia mendapatkan kredit sebesar 80% dari nilai proyek dan sisa 20% nya kemudian ia cicil selama 12 bulan. Cara ini terus ia lakukan sampai akhirnya Balimuda mencapai puncaknya. Banyak yang meliriknya untuk meminjami modal usaha besar. Ia pun tergiur untuk melakukan ekspansi besar - besaran dan tanpa perhitungan matang.

Akhirnya alat beratnya menumpuk dengan utang yang tidak mampu ia bayar. Karyawannya yang berjumlah 400 orang pun bubar dengan membawa aset perusahaan. Ia sudah tidak mampu lagi untuk menggaji karyawan. Bahkan seluruh hartanya habis terkuras. Heppy Trenggono hanya bisa meminta perpanjangan tempo untuk bayar utang waktu itu.

“Saya mulai sadar bahwa nafsu untuk kelihatan sukses justru akan membuat diri sendiri terpuruk,” ungkap anak ketiga ini menuturkan. Namun di tengah kebangkrutannya. Ia tidak lantas berdiam diri saja. Di barengi dengan langkah nyata. Heppy Trenggono kemudian membuktikan bahwa ia adalah pengusaha sesungguhnya.

Kemudian untuk memulai langkahnya. Ia menjadi broker bagi perusahaan yang akan terjun ke kelapa sawit. Menurutnya, pekerjaan ini yang paling memungkinkan dan resikonya sangat minim.

Tugasnya adalah mempertemukan para pengusaha sawit dengan pemilik lahan sawit. Ia memanfaatkan jaringan usahanya yang lama dan yang masih percaya padanya. Sedikit demi sedikit usahanya mulai berkembang dan membuahkan hasil. Ia juga mulai membayar tumpukan hutangnya satu persatu. Tidak tanggung - tanggung total saat ini lahan kelapa sawit miliknya mencapai 80 ribu hektar yang tersebar di Kalimantan Timur dan Sumatera. Investasinya juga sudah mencapa Rp.4 triliun.
Biografi Heppy Trenggono

1 komentar:

  1. Dahsyat dan Luar Biasa Mentor Bisnis kami Bapak Heppy Trenggono... (Deni Faelani - Sekjend IIBF Aceh)

    BalasHapus

Copyright © 2013 Biografi Orang Terkenal and Blogger Templates - Anime OST.