Biografi Dahlan Iskan


 Biografi Dahlan Iskan 

Di karenakan Dahlan Iskan berlatar belakang orang miskin, orang tua nya tidak mencatat tanggal berapa ia lahir. Maka dahlan Iskan sendiri yang mengarang tanggal lahirnya. Ia memilih tanggal 17 Agustus 1951. Di pilihnya tanggal 17 Agustus karena mudah di ingat dan bertepatan dengan Kemerdekaan Indonesia. 

Saking sederhanya kehidupan Dahlan Iskan, di ceritakan bahwa sewaktu ia kecil hanya punya 3 lembar pakaian, yaitu celana, baju dan sarung, masing – masing cuma satu lembar. Namun bukan Dahlan Iskan kalau terbawa sedih yang berlarut  - larut dengan kemiskinan. Ia bercerita bahwa sarungnya bisa di jadikan apa saja alias multifungsi. Dari alat untuk sholat sampai alat mencari ikan di sawah. 

Dahlan Iskan memulai karir di dunia media dengan menjadi reporter pada sebuah media kecil di Samarinda, Kalimantan Timur pada tahun 1975. Berlanjut berikutnya ia menjadi wartawan pada majalah Tempo di tahun 1976.

Pad tahun 1982 Dahlan Iskan mulai memimpin Jawa Pos. dimana Jawa Pos saat itu tengah sekarat dan hampir tidak bisa melanjutkan produksi. Tercatat, pada saat terpuruknya Jawa Pos hanya mampu produksi maksimal hanya 6.000 oplah saja. Namun setelah lima tahun di pimpin oleh Dahlan Iskan mengalami peningkatan yang luar biasa, produksinya bisa mencapai 300.000 oplah.

Lima tahun selanjutnya, Jawa Pos sudah memiliki 80 surat kabar, tabloid, majalah dan lain-lain jaringan usaha media ini terbentuk dalam Jawa Pos News Network (JPPN), serta memiliki 40 jaringan percetakan di hampir seluruh Indonesia.

Saat ini, Dahlan Iskan merupakan salah seorang yang di perhitungkan dan memiliki keputusan penting. Sejak 23 Desember 2009, ia di angkat menjadi Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN). Menggantikan Fahmi Mochtar yang di kritik karena selama kepemimpinan Fahmi sering terjadi mati listrik di wilayah Jakarta.

Selama memimpin PLN, Dahlan Iskan terbilang sukses. Beberapa program di antaranya bebas mati lampu (byar pet) se Indonesia, ada juga program sehari sejuta sambungan.
Presiden Sby kemudian menunjuknya menjadi Menteri Badan Usaha Milik  Negara (BUMN) pada tanggal 17 Oktober 2011.  

Berikut di bawah ini merupakan biodata Dahlan Iskan :

Nama Lengkap                      : Dahlan Iskan
Tempat dan Tanggal Lahir    : Magetan, 17 Agustus 1951
Agama                                   : Islam
Warga Negara                        : Indonesia
Istri                                        : Ny.Nafsiah sabri

Demikian Semoga Bermanfaat
Terima Kasih

0 komentar:

Copyright © 2013 Biografi Orang Terkenal and Blogger Templates - Anime OST.