Biografi SBY


Biografi SBY : Masa Kelahiran dan Pendidikan

Biografi SBY ǀ Susilo Bambang Yudhoyono merupakan Presiden Indonesia ke enam menggantikan Presiden Megawati Soekaroputri. SBY : itulah nama panggilan akrab untuk presiden yang menjabat dua kali masa jabatan ini.

Sby adalah Presiden Indonesia pertama yang terpilih melalui Pemilihan Umum langsung oleh rakyat pada Pemilihan Umum tahun 2004. Serta luar biasanya, Sby terpilih kembali untuk periode ke dua pada Pemilu 2009. Dalam biografi Sby ini akan di bahas sedikit perjalanan hidup beliau secara singkat.

Sby lahir dari pasangan Raden Soekotjo dan Siti Habibah. Ia lahir di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.  Pada tanggal 9 september 1949.

Sby menikah dengan Ibu Kristiani Herawati dan di karuniai dua putra. Putra pertama bernama Agus Harimurti Yudhoyono dan ke dua Edhie Baskoro Yudhoyono. Latar belakang ayah sby berasal dari militer. Begitu juga dengan ayah isterinya sama juga berasal dari militer.

Biografi SBY : Masa Pendidikan

Biografi Sby ǀ Menurut catatan yang penulis dapat dari beberapa sumber, sby menempuh banyak sekali pendidikan, kalau di runutkan seperti di bawah ini :

*      Akademi Angkatan Bersenjata RI (AKABRI) Tahun 1973
*      American Language Cpurse, Lackland Texas AS 1976
*      Airbone and Ranger Course, Fort Benning AS 1976
*      Infantry Officer Advanced Course, Fort Benning AS 1982-1983
*      On the Job Training di 82-nd Airbone Division, Fort Benning AS 1983
*      Jungle Walfare School Panama 1983
*      Kursus Senjata Antitank di Belgia dan Jerman 1984
*      Kursus Komando Batalyon 1985
*      Sekolah Komando Angkatan Darat 1988-1989
*      Command and General staff College, Fort Leavenworth Kansan AS
*      Master of Art (MA) dari Management Webster Univercity Missouri AS
*      Doktor dalam bidang ekonomi pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB)

Biografi Sby : Karir Politik

Biografi SBY ǀ Susilo Bambang Yudhoyono terjun pertama kali ke dunia politik ketika dirinya bertindak sebagai ketua fraksi ABRI dalam sidang umum MPR tahun 1998. Kemudian ketika Abdurrahman Wahid terpilih sebagai presiden Indonesia menggantian Bj habibie, maka SBY di angkat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi.

Setahun kemudian sebagai akibat reshuffle kabinet yang di lakukan oleh Gus dur, maka SBY di lantik menjadi Menteri Koordinator Politik. Namun tidak lama setelah di lantik, Aburrahman Wahid memberhentikannya sebagai menteri pada tanggal 1 juni 2001. Meskipun di tawarkan jabat Menteri dalam Negeri dan Menteri Perhubungan namun SBY tak menerimanya.

Setelah Presiden Abdurrahman Wahid di ganti oleh Megawati Soekarnoputri pada tahun 2001, ia di lantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menteri Polkam) pada 10 Agustus 2001. Hanya saja karena hubungan SBY dan Megawati tidak harmonis lagi, maka SBY mengajukan pengunduran diri, tepatnya pada 11 Maret 2004 SBy tercatat mundur dari jabatan Menteri Polkam.

Berikutnya, pada Pemilihan Umum 2004, SBY maju sebagai calon presiden bersama partai Demokrat di dampingi oleh Jusuf Kalla sebagai wakil Presiden dari partai Golkar. Waktu itu, pasangan Yudhoyono – Jusuf Kalla di dukung oleh Partai Keadilan sejahtera serta Partai Bulan Bintang.

Selanjutnya pada Pemilihan Presiden putara kedua di tanggal 20 september 2004, pasangan Yudhoyono – Jusuf Kalla memenangkan perhitungan suara dengan perolehan suara lebih dari 60%. Mengalahkan saingannya, Megawati – KH Hasyim Muzadi yang memperoleh suara di bawah 40% suara.

Akhirnya setelah di tetapkan sebagai pemenang Pemilihan Presiden tahun 2004. Sby – Jusuf Kalla di lantik sebagai pasangan Presiden – Wakil Presiden dengan masa periode 2004 – 2009. 

Biografi SBY : Presiden Periode Kedua

Biografi Sby :  Pada periode kedua yaitu 2009 – 2014, Yudhoyono maju kembali sebagai calon presiden periode berikutnya. Pemilihan Presiden ini di laksanakan tepatnya tanggal 8 juli 2009. Pada pemilu ini, ia berpasangan dengan Boediono. Pasangan ini memenangkan pemilu dengan perolehan suara 60,80% mengalahkan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto dan Muhammad Jusuf Kalla – Wiranto.   

Demikian semoga bermanfaat
Terima Kasih
   


0 komentar:

Copyright © 2013 Biografi Orang Terkenal and Blogger Templates - Anime OST.