Biografi Soeharto

Biografi Soeharto : Masa Kecil dan Karir Militer


Biografi Soeharto | Ia adalah presiden kedua republik Indonesia menggantikan Ir.Soekarno. Soeharto lahir pada 8 juni 1921 di pinggir kota Yogyakarta, Dusun Kemusuk Bantul Yogyakarta. Soeharto lahir dari pasangan sederhana ibu Sukirah dan bapak Kertosudiro.

Setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Yogyakarta, Soeharto mendaftar sebagai tentara di Koninklijk Nederland Indisce Leger (KNIL) di tahun 1942.

Biografi Soeharto
Biografi Soeharto

Soeharto menikah pada 26 desember 1967, ia menikahi Raden Ayu Siti Hartinah. Pada usia 26 tahun dan isterinya 24 tahun. Dari pernikahannya Soeharto di karuniai enam putra dan putri, mereka adalah : Siti hardiyanti Hastuti, Sigit Harjojujanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Harijadi, Hutomo Mandala Putra, dan terakhir Siti Hutami Endang Hadiningsih.

Karir tentara Soeharto terbilang cemerlang. Hingga meletusnya peristiwa G-30 S/PKI tanggal 1 oktober 1965 yang menewaskan enam jenderal. Ia bertugas dan memiliki wewenang untuk mengambil tindakan penting guna mengimbangi orang-orang PKI yang saat itu tengah terjadi pembunuhan atas para Jenderal. Banyak pihak yang mempertanyakan apakah Soeharto terlibat atau tidak dalam peristiwa ini, yang sering di sebut dengan G-30 S/PKI.

Soeharto membentuk Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib), ia sendiri yang memimpin sebagai panglima atas mandat dari presiden Soekarno. Selain itu Soeharto juga menerima surat perintah 11 maret (supersemar) dari presiden Soekarno. Ia di berikan wewenang untuk mengambil segala tindakan yang di rasa perlu guna mengantisipasi ancaman keamanan baik terhadap bangsa ini maupun terhadap presiden Soekarno.

Biografi Soeharto : Menerima Kekuasaan


Sehari setelah menerima surat perintah 11 maret, tanggal 12 maret Soeharto membubarkan dan menyatakan bahwa PKI sebagai pertai terlarang di Indonesia. Sebagai tindak lanjutnya, MPRS mengangkat Mayjen Soeharto sebagai pejabat presiden setelah MPRS menolak pertanggung jawaban presiden Soekarno. Periode kepresidenan Soeharto di mulai sejak 1 juni 1968 sering di sebut dengan Orde Baru (ORBA).

Biografi Soeharto : Akhir Kekuasaan


Soeharto memangku jabatan sebagai presiden selama lebih dari 30 tahun sejak 1967-1998. Ia tercatat sebagai presiden dengan masa jabatan terlama. Sampai tiba tahun 1998, dimana terjadi krisis berkepanjangan di mulai dengan krisis moneter. Rakyat menginginkan Soeharto lengser, aksi demo terjadi dimana-mana dengan gelombang yang semakin besar tiap harinya, demo ini di motori oleh para mahasiswa.

Pada tanggal 21 mei 1998, Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya karena tekanan demonstrasi yang luar biasa besar. Posisinya di gantikan oleh wakil presiden B.J.Habibie.

Biografi Soeharto : Presiden Soeharto Meninggal Dunia

Presiden Soeharto meninggal dunia pada hari minggu 27 januari 2008 pukul 13:10 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta. Soeharto berwasiat agar di makamkan di samping makam isterinya di Komplek Astana Giribangun Solo, Jawa Tengah. Demikianlah sang Khaliq memanggil Jenderal Besar H.Muhammad Soeharto. Semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Amin

Semoga Bermanfaat
Terima Kasih Sudah Berkunjung

0 komentar:

Copyright © 2013 Biografi Orang Terkenal and Blogger Templates - Anime OST.