Biografi Abu Bakar As-Sidiq

biografi abu bakar ash-shiddiq

Biografi Abu Bakar As-Sidiq | Beliau tercatat sebagai orang golongan pertama yang memeluk agama islam (assabiqunal awwalun). Dan di saat Nabi Muhammad meninggal, beliau adalah orang pertama yang di percaya sebagai Khalifah pengganti nabi. Tahun kelahirannya sama dengan Muhammad SAW di tahun 572 masehi. Ia keturunan Bani Taim suku Quraisy. Abu Bakar meninggal pada tanggal 23 Agustus 634 di Madinah karena sakit yang dideritanya pada usia 61 tahun. Abu Bakar dimakamkan di rumah putrinya Aisyah di dekat masjid Nabawi, di samping makam Nabi Muhammad.

Nama lengkapnya adalah Abdullah bin ‘Utsman bin ‘Amir bin ‘Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taiym bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay Al Qurasyi At Taimi Abdullah bin ‘Utsman bin ‘Amir bin ‘Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taiym bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay Al Qurasyi At Taimi.

Sejarah mencatat bahwa Abu bakar adalah seorang hakim, pedagang, pelajar dan penapsir mimpi. Latar belakang Abu Bakar yang terpelajar memang sangat kontras dengan orang-orang yang masuk di masa awal perjuangan nabi Muhammad. Karena saait itu justru yang banyak masuk islam dari kaum marjinal, anak muda, orang miskin, kaum budak.

Abu bakar merupakan ayah mertua Nabi Muhammad. Karena Aisyah istri Nabi Muhammad SAW adalah putri Abi Bakar.Dalam perkembangan sejarahnya, nama Abu Bakar lebih di kenal setelah mendapat julukan dari Nabi MUhammad dengan gelas As-Shiddiq (yang di percaya), berkat keimanannya  yang teguh kepada islam.  

Ketika Nabi Muhammad mengalami sakit sebelum wafat, Abu Bakar adalah yang di tunjuk oleh Nabi untuk menggantikannya sebagai imam sholat. Ternyata ini adalah tafsiran Nabi bahwa kelak sepeninggalnya, Abu Bakarlah yaang akan  menggantikan kepemimpinan umat muslim. Maka setelah musyawarah antara kaum Muhajirin dan Anshor, terpilihlah Abu Bakar mengwali era Khulafaur Rasyidin.


0 komentar:

Copyright © 2013 Biografi Orang Terkenal and Blogger Templates - Anime OST.