Biografi Soekarno Singkat

Biografi Dr.(HC) Ir. Soekarno : Masa Kecil Soekarno

Presiden pertama Indonesia ini memiliki nama kecil Kusno dan terlahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo. Rakyat Indonesia memberikan nama panggilan yang sangat akrab di telinga kita yaitu Bung Karno. Konon di Indonesia hanya tiga orang yang memiliki panggilan Bung, selain bung Karno ada bung Hatta dan bung Tomo.

Soekarno lahir di tanggal 6 Juni 1901 di kota Surabaya Jawa timur. Beberapa literatur mengatakan Soekarno lahir di Blitar. Serta meninggal pada tanggal 21 juni 1970 di Jakarta namun di makamkan di Blitar Jawa Timur.

Di masa pemerintahan Soeharto, Soekarno di berikan gelar Pahlawan Proklamator. Kemudian pada masa SBY di berikan gelar pahlawan nasional padanya di tahun 2012 tepat pada hari pahlawan nasional. Soekarno tercatat dalam sejarah bangsa ini menjabat sebagai presiden pertama republik Indonesia yaitu dari tahun 1945 hingga 1966.

Biografi Soekarno akan sedikit membahas kehidupan keluarganya. Soekarno memiliki isteri tiga orang. Serta di karunia delapan orang putra dan putri. isteri pertama yaitu Ibu Fatmawati. Dari beliau, Soekarno memiliki lima orang anak yaitu : Guntur Soekarno Putra, Megawati Soekarno Putri, Rachmawati Soekarno Putri, Sukmawati Soekarno Putri, dan terakhir Guruh Soekarno Putra.

Serta isteri keduanya bernama ibu Hartini. Dari beliau Soekarno di karuniai dua oarng putra yaitu : Taufan dan Wahyu. Kemudian isteri ketiga Soekarno bernama ibu Ratna Sari Dewi. Isteri ketiga nya ini adalah perempuan keturunan Jepang. Dari beliau Soekarno di karuniai satu orang anak bernama Kartika.
Soekarno terlahir dari orang tua yang bernama Bapak Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Dari sumber yang penulis dapat, Nyoman Rai merupakan keturunan bangsawan Bali dan beragama Hindu. Sedangkan Raden Soekemi sendiri beragama Islam.

Biografi Dr.(HC) Ir.Soekarno : Masa Pendidikan


Soekarno masuk pertama ke sekolah di Mojokerto bernama Eerste Inlandse School. Karena orangtuanya bertugas di sana pada tahun 1911. Kemudian beliau di pindahkan ke sekolah Europeesche Lagere School dan selesai pada tahun 1915. Setelahnya, beliau melanjutkan pendidikan ke HIS (Hoogere Burger School) di Surabaya tahun 1921.

Di sekolah HIS ini pemikiran kebangsaan dan perjuangan beliau mulai berkembang. Karena di sini Soekarno bergaul dengan banyak tokoh pergerakan kemerdekaan seperti Abdul Muis, Haji Agus Salim, Dharsono, Musso dan Alimin. Soekarno menceburkan diri untuk terlibat aktip dalam organisasi kepemudaan yang bernama Tri Koro Dharmo. Selain itu beliau juga tercatat sebagai penulis aktif di media harian bernama Oetoesan Hindia. Terlebih lagi Soekarno tinggal di kediaman salah satu orang berpengaruh pada masanya yaitu H.O.S Tjokroaminoto yang ternyata adalah sahabat baik dari ayahnya. H.O.S Tjokroaminoto adalah pemimpin Sarekat Islam dan harian Oetoesan Hindia.

Periode pendidikan selanjutnya yaitu melanjutkan sekolah ke Technische Hoogeschool te Bandoeng (THB) yang saat ini kita kenal dengan Institut Tehnologi Bandung (ITB). Setelah selesai dengan pendidikan HIS di Surabaya pada tahun 1921 Soekarno melanjutkan ke THB (ITB). Soekarno mengambil jurusan tehnik sipil. Masa perkuliahan ini semakin menempa jiwa kebangsaan Soekarno. Selama di kuliahan ia banyak berinteraksi dengan tokoh-tokoh nasional seperti Dr.Douwes Dekker, Tjiptomangunkusumo serta Ki Hajar Dewantara. Ketiga tokoh ini di kenal dengan organisasinya yang bernama Indische Partij.

Soekarno secara resmi di nyatakan lulus pada tanggal  25 mei 1926 serta di wisuda pada 3 juli 1926.  Bersama delapan belas rekan satu jurusan lainnya, Soekarno berhasil menggondol gelar insinyur (Ir). Satu hal yang sangat luar biasa mengingat saat itu mencapai gelar Insinyur hanya bisa di lakukan oleh kalangan ningrat saja. Tapi yang lebih penting, kelak ke depannya pemikiran-pemikiran Soekarno akan memberikan sumbangan besar bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Biografi Dr.(HC) Ir.Soekarno : Masa Perjuangan Kemerdekaan


Kiprah pergerakan perjuangan Soekarno sudah terlihat pertama kali ketika beliau menjadi bagian dari organisasi kepemudaan di Surabaya bernama Jong Java. Kemudian di lanjutkan setelah beliau menyelesaikan kuliahnya dengan mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tahun 1927. Satu tahun sebelumnya yaitu 1926 di Bandung, Soekarno mendirikan Algemene Studie Club yang merupakan cikal bakal berdirinya PNI.

Pada masa pendudukan penjajah Belanda, Soekarno beberapa kali keluar masuk penjara. Di mulai dari penjara di Sukamiskin-Bandung sampai dengan di asingkan ke Bengkulu. Namun semua ini tidak menyurutkan langkahnya guna memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Setelah penjajah Jepang (1942-1945) menyerah pada sekutu. Soekarno bersama Muhammad Hatta di desak kaum muda untuk segera memproklamasikan kemerdekaan negara Indonesia. Kemudian pada tanggal 17 agustus 1945 Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jakarta. Esok harinya, yaitu 18 agustus 1945 Soekarno – Hatta di angkat oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menjadi presiden dan wakil presiden pertama Republik Indonesia.    

Biografi Dr.(HC) Ir.Soekarno : Soekarno Wafat

Soekarno meninggal dunia pada tanggal 21 juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) jl.Gatot Subroto Jakarta. Setelah sebelumnya di tangani oleh tim dokter kepresidenan. Dokter memeriksa bahwa Soekarno menderita penyakit gangguan ginjal. Beliau sempat bertahan dengan penyakitnya tersebut sekitar 5 tahun sejak pertama kali di nyatakan menderita ginjal oleh dokter. Sampai ia menghembuskan napas terakhirnya dan menghadap sang kuasa guna mempertanggung jawabkan semua amal perbuatannya. Semoga Alloh SWT memberikan tempat terbaik. Amin

Demikian Semoga Bermanfaat
Terima Kasih



0 komentar:

Copyright © 2013 Biografi Orang Terkenal and Blogger Templates - Anime OST.